Pacet - Trawas - Tretes
















Kawasan Wisata Pacet, Kecintaan Raja-raja Majapahit

Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, memiliki sebuah wilayah kecamatan yang reputasinya sebagai kawasan wisata yaitu kawasan wisata Pacet.

Lokasi Kawasan Wisata Pacet
         Pacet berlokasi di lereng sebelah utara dari Gunung Welirang. Terletak pada ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, membuat kawasan wisata Pacet berhawa sedemikian sejuk tanpa polusi, dengan hamparan alam pegunungan yang permai memikat.
Keindahan kawasan wisata Pacet, bahkan telah sedemikian memikat para Raja Majapahit. Sejumlah situs purbakala yang terdapat di kawasan wisata Pacet merupakan rekam jejak yang begitu nyata betapa berabad silam, para raja dari kerajaan terbesar di Nusantara ini telah menjadikan Pacet sebagai tempat rekreasi kegemaran mereka.
          Kawasan wisata Pacet mampu membuat para Raja Majapahit rela meninggalkan sejenak gemerlap singgasana untuk menikmati pesonanya. Dan kini beratus tahun sesudahnya, kawasan wisata Pacet masih  menarik banyak wisatawan untuk mendatanginya. Hal tersebut karena pesona pemandangan alamnya. 
Lereng gunung yang berujung pada ngarai, dengan sawah-sawah dan perkebunan berteras di sepanjang kemiringannya sungguh sedap dipandang mata. Makin sempurna keindahan ini dengan beragam tanaman yang tumbuh di lahan ini.
Kehadiran Gunung Welirang dan Gunung Anjasmoro sebagai latar belakang menyempurnakan kecantikan alam kawasan wisata Pacet.

Pemandian Ubalan
          Pemandian ini berada di Desa Pacet. Jarak lokasi pemandian Ubalan dari pusat kota Pacet lebih kurang satu kilometer. Objek wisata yang berupa kolam renang ini mendapatkan airnya dari sumber di pegunungan. Namun, tak hanya kegiatan berenang yang dapat dilakukan wisatawan di tempat ini. Kawasan wisata ini juga dilengkapi area wisata sepeda air dan taman bermain.
          Berbagai fasilitas tersedia di kawasan wisata pemandian Ubalan. Misalnya, area parkir yang luas, musala, restoran, gazebo, dan penginapan. Di kawasan ini juga banyak terdapat warung yang menjajakan aneka sayur dan buah segar serta makanan khas Pacet.
Di antara objek wisata Pacet, pemandian Ubalan adalah yang paling banyak pengunjungnya.

Wanawisata Pemandian Air Panas Padusan
          Objek wisata  yang satu ini  berada satu jalur dengan pemandian Ubalan, dengan posisi yang lebih menanjak  dan  masuk  dalam  wilayah  desa  yang berbeda, yakni Desa Padusan, Kecamatan Pacet.
          Objek wisata ini berupa sumber air hangat, dengan tempat penampungan air yang lumayan luas. Di sini, para wisatawan dapat berendam air hangat alami sambil menikmati keindahan rimbunan semak belukar dan pohonan pinus di sekitar lokasi, sambil menghirup sepuasnya kesegaran udara.
          Air hangat tempat ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit. Jika ingin mencecapkan air dingin ke pori-pori, di sini juga terdapat kolam renang dengan air dingin. Sebagaimana lazimnya, objek pariwisata, di sini pun banyak terdapat warung yang menjajakan berbagai macam makanan dan cenderamata.

Air Terjun Coban Canggu
          Air terjun Coban Canggu berlokasi di Desa Padusan, Kecamatan Pacet. Air terjun dengan ketinggian lebih kurang 15 meter ini berada di kawasan Wanawisata Pemandian Air Panas Padusan, hanya berjarak sekitar 500 meter. Karena di berada di perbukitan yang curam, untuk mencapai lokasi air tejun, dibutuhkan tenaga ekstra. Lokasi air terjun Coban Canggu baru dapat dicapai setelah melewati ratusan anak tangga, jalan setapak berkelok, dan menyeberangi beberapa sungai.
          Akan tetapi, keindahan air terjun yang mengalirkan air nan bening dan gemuruhnya yang tiada henti, dengan keindahan panorama hutan yang melingkupi, akan membuat segala lelah hilang sempurna. Yang tinggal hanyalah bahagia dan syukur atas keindahan yang terbentang di depan mata. Keindahan lain yang dapat nikmati di sini adalah keberadaan monyet di atas pepohonan, yang ditingkahi kokok ayam hutan.
          Kawasan wisata Pacet masih menyisakan sejumlah objek yang sayang untuk dilewatkan ketika berwisata di wilayah ini, antara lain air terjun Krapyak, Wanawisata Bandulan, Taman Hutan Raya R. Soerjo, bumi perkemahan, dan beberapa pasar wisata. Merambah kawasan wisata Pacet bak merengkuh oase menyejukkan di gurun gersang rutinitas hidup yang telah menjembak tanpa bisa dihindari.
          Kawasan wisata Pacet dapat dicapai melalui beberapa rute, yaitu dari Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Jika mengambil rute Mojokerto, jarak sepanjang 30 kilometer harus tempuh untuk sampai di Pacet. Apabila berangkat dari kota Malang, perjalanan akan melalui Pandaan, Prigen, Trawas, hingga  Pacet.Jika jalur Surabaya yang diambil, rute yang harus dilewati adalah Krian, Mojosari, lalu Pacet.
          Jarak tempuh Surabaya – Pacet sekitar 60 kilometer, sedangkan, jika perjalanan berawal dari Pasuruan, jalurnya adalah Gempol, terus ke Pandaan, menuju Prigen, kemudian Trawas, dan berakhir di Pacet


Kawasan Wisata Trawas


           Trawas adalah lembah yang diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Welirang dan Penanggungan. Memasuki kawasan lembah ini kita akan disuguhi keindahan bentangan alam dan kenyamanan udara pegunungan yang sejuk segar. Dan di sela-sela keindahan alamnya itu tersimpan puluhan situs purbakala dari masa Mojopahit dan Airlangga yang menjadi saksi sejarah perjalanan sebuah bangsa.
          Sejak awal dekade 80-an kawasan Trawas telah menjadi incaran investor dan orang-orang kaya kota untuk dijadikan tempat peristirahatan/ villa dan hotel. Dan dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun kemudian puluhan hotel, kompleks villa dan berbagai sarana rekreasi keluarga telah menghiasi lembah subur yang indah itu, bergandengan secara harmonis dengan perkampungan penduduk dan hamparan sawah warga desa. Hijau hamparan sawahnya berpadu dengan teduh pepohonan hutan dan benderang lampu hotel, villa dan rumah warga menghiasi lereng-lereng gunungnya.
          Menginap di Trawas sangatlah mengasyikkan. Ada puluhan hotel dan villa yang bisa disewa dengan berbagai pilihan harga sesuai kemampuan kocek kita, mulai dari kelas melati sampai bintang tiga. Jika kita ingin jalan-jalan berwisata, ada beberapa obyek wisata yang tersedia, antara lain air terjun, bumi perkemahan, kolam renang, playground, berkuda keliling villa, Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), dan lain-lain. Bagi anda yang suka naik gunung tersedia rute pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng atau via Jolotundo. Selain itu juga terdapat beberapa obyek wisata sejarah, antara lain situs Reco Lanang – Reco Wadon yang diduga sebagai kawasan bengkel pembuatan patung batu pada masa Mojopahit, Candi Jolotundo yang merupakan petirtaan suci Raja Airlangga, dan kompleks candi (sedikitnya terdapat 14 candi) yang tersebar di lereng utara Gunung Penanggungan yang berhubungan erat dengan kepercayaan tentang Gunung Penanggungan yang disucikan. Dan tak lupa, di Trawas juga terdapat dua pasar wisata yang menyediakan buah-buahan, bunga, ketela dan hasil bumi lainnya sebagai oleh-oleh wisata.

Akses menuju Trawas
Untuk mencapai lembah Trawas banyak rute yang bisa kita tempuh:

Jika ditempuh dari Mojokerto kita bisa lewat rute Pacet – Claket – Trawas, atau bisa lewat rute Mojosari – Trawas. Kedua rute ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Mojokerto.

Jika dari Surabaya kita bisa lewat rute Krian – Mojosari – Trawas, atau lewat rute Sidoarjo – Gempol – Mojosari – Trawas, atau bisa juga lewat rute Pandaan – Prigen – Trawas. Ketiga rute ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Surabaya.

Jika dari arah Pasuruan dan kota-kota di wilayah “tapal kuda” kita bisa lewat rute Gempol – Pandaan – Prigen – Trawas, atau bisa lewat rute Gempol – Mojosari – Trawas.

Jika dari arah Malang kita bisa lewat rute Pandaan – Prigen – Trawas, atau lewat rute Batu – Cangar – Pacet – Trawas.



Taman Wisata Tretes

          Peristirahatan Tretes terletak di Daerah Tretes, 9 km dari Kota Pandaan kurang lebih 54 km dari Kota Surabaya. Kawasan Tretes ini merupakan suatu tempat peristirahatan yang terletak di kaki Gunung Welirang, dengan ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut, mempunyai panorama alam pegunungan yang indah dan menyenangkan dengan udaranya yang sejuk, segar dan nyaman.
          Untuk mencapai kawasan Tretes, dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan milik pribadi dengan melalui rute: Surabaya – Sidoarjo – Pandaan – Tretes.